Latest News

biospray

biospray

Apa itu Kolagen dan Apa Manfaatnya bagi Tubuh Kita?

Apa itu kolagen dan apa manfaatnya bagi tubuh kita? Akhir - akhir ini sering sekali kita mendengar kata "kolagen" tapi blom begitu paham apa itu "kolagen" dan apa manfaatnya. Kata "kolagen" sering kita jumpai pada produk kesehatan dan kecantikan yang kian hari kian marak dengan menambahkan bahan "kolagen" ke produk kecantikan dan kesehatan.

UNTUK PEMESANAN HUB.wa.0821.3636.3111 BBM.D9AD045C
Kolagen berasal dari bahasa yunani yang berarti kola (gula) dan gen (produksi), maka bisa disimpulkan arti dari kolagen adalah lekat atau menghasilkan pelekat. Selain itu kolagen juga merupakan salah satu protein penyusun tubuh manusia dengan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Dalam tubuh kita banyak sekali terdapat jenis kolagen dengan fungsinya masing-masing diantaranya terdapat 27 jenis kolagen. Namun dengan seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia kita maka jumlah kolagen yang ada di dalam tubuh kita juga mengalami proses penurunan, tentu hal ini juga berpengaruh terhadap tubuh kita antara lain penurunan pada kesehatan tulang, kulit yang mulai muncul garis halus atau kerutan pada wajah, kulit menjadi lebih kering dan kusam dll.

Dengan melihat fungsi kolagen sangat penting atau bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Adapun jenis kolagen yang memiliki peranan sangat penting bagi kesehatan terbagi menjadi dua di antaranya kolagen alami dan sintetis. Kolagen sintetis biasanya bisa kita temukan dalam bentuk obat-obatan, sedangkan untuk kolegen alami bisa kita dapatkan pada sumber makanan organik seperti buah-buahan, sayuran, ikan dan lain sebagainya. Lalu apa sajakah manfaat kolagen bagi kesehatan bagi tubuh kita? Simak terus penjelasan berikut.



Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Tubuh kita sangat membutuhkan kolagen sebagai penguat pembuluh darah dan membuat kulit kencang seperti  serta memperkuatnya. Karena faktanya pada usia 25 tahun, tubuh akan mulai kehilangan kolagen sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Oleh sebab itu bagi Anda yang memasuki usia 25tahun ke atas dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung kolagen untuk membantu mengatasi penurunan jumlah produksi kolagen. Seperti yang dikutip dari female.kompas.com berikut ini beberapa manfaat kolagen untuk tubuh.

  • Dapat membuat kulit lebih kencang, salah satu cara mengencangkan kulit wajah adalah dengan mencukupi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Kolagen menjadi komponen pembangun utama pada dermis, salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein ini penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan lentur.
  • Mengurangi garis-garis keriput di wajah, jika dukungan kolagen pada lapisan kulit semakin berkurang, maka dapat garis-garis keriput pada wajah semakin terlihat jelas. Oleh sebab itu kolagen sangat diperlukan untuk membuatnya menjadi lebih kencang.
  • Dapat mencegah penuaan dini, dengan masih banyaknya kolagen pada tubuh kita dapat menghidupkan kembali kulit sehingga tampak lebih muda.
  • Dapat menjaga elastisitas kulit, seiring bertambahnya usia maka kolagen pada kulit mulai memecah dan kaku. Sehingga kulit kehilangan elastisitas dan tidak kembali normal. Dengan tercukupinya kolagen, maka elastisitas kulit dapat terjaga.
  • Menjaga Kekuatan Otot, Kolagen memiliki kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan struktur otot yang dibutuhkan untuk beraktivitas sehari-hari. Selain itu kolagen juga bukan hanya dapat membuat serat otot rangka melainkan juga dapat membuat otot polos maka dari itulah kolagen sangat baik untuk menjaga kekuatan otot. Makanan yang banyak mengandung kolagen adalah daging, ikan, telur dan yoghurt yang mungkin dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan masa otot Anda.
  • Mengatur Peredaran Darah dan Kesehatan Mata, Kolagen memiliki fungsi membentuk dinding pembuluh darah, arteri dan kapiler yang dapat memberikan kekuatan pada dinding darah. Selain itu kolagen juga memiliki manfaat yang lainnya yaitu menjaga sistem penglihatan kita dengan membentuk cakram optik supaya membuat penglihatan menjadi lebih normal.
  • Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi, Menurut sebuah penelitian FDA (Food And Drug Administration) mengatakan bahwa kolagen memiliki peran dalam proses regenerasi tulang rawan yang mengandung 70 % kolagen jaringan ikat yang berada di dalam bagian artikular kartilago dan meniskus. Nah bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi, cukup 2 cangkir sehari Anda akan mendapatkan sumber kolagen yang baik untuk tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku, Manfaat kolagen yang terakhir adalah untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Dimana kolagen tersebut berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat kuku. Sumber kolagen alami terdapat pada makanan sebagai berikut tomat, apel, pepaya, anggur, dan wortel.

Demikian penjelasan mengenai artikel "Apa itu Kolagen dan Apa Manfaatnya bagi Tubuh Kita". Penuhi kebutuhan dengan menggunakan supleman kolagen secara teratur untuk mengisi kembali persediaan kolagen dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsinya sebelum olahraga, sebelum tidur atau sebelum melakukan aktivitas fisik lainnya. Selain sangat baik untuk perawatan kulit, kolagen juga dapat menguatkan kuku, tulang, gigi dan memperbaiki kondisi kulit dan rambut. 

UNTUK PEMESANAN HUB.wa.0821.3636.3111 BBM.D9AD045C

Baca Juga :
Cara Memutihkan Kulit dengan collagen Spray MSI